Dubai (ANTARA) – Sebagian besar negara Teluk mengatakan pada Rabu (2/11/2022) bahwa mereka akan menaikkan suku bunga utama mereka, setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga kebijakan utamanya sebesar tiga perempat poin persentase untuk keempat kalinya berturut-turut.

Sementara keputusan kebijakan financial institution sentral AS dimotivasi oleh keinginannya untuk menurunkan inflasi yang sangat tinggi di Amerika Serikat, keputusan itu juga akan memandu kebijakan moneter Teluk karena sebagian besar mata uang kawasan dipatok terhadap dolar.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dua ekonomi terbesar di kawasan itu, keduanya menaikkan suku bunga sebesar 75 foundation poin. Financial institution sentral Saudi, juga dikenal sebagai SAMA, menaikkan suku bunga repo dan opposite repo masing-masing menjadi 4,5 persen dan 4,0 persen. Suku bunga dasar Uni Emirat Arab akan naik menjadi 3,9 persen, efektif pada Kamis.

Bahrain juga menaikkan suku bunga utamanya sebesar 75 foundation poin sementara Qatar menaikkan suku bunga antara 50 dan 75 foundation poin. Kuwait dan Oman tidak segera mengumumkan perubahan suku bunga.

Baca juga: Saudi nyatakan GCC bisa jadi kekuatan ekonomi terbesar keenam dunia

Dampak dari tingkat suku bunga yang lebih tinggi di antara eksportir minyak Teluk pada tahun 2022 sejauh ini masih terbatas.

“Perekonomian GCC (Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk) telah melihat kinerja sektor non-minyak yang kuat tahun ini meskipun ada kenaikan suku bunga,” kata Monica Malik, kepala ekonom di Abu Dhabi Business Financial institution.

“Kami memperkirakan beberapa tantangan yang lebih besar tahun depan karena kenaikan suku bunga berlanjut, meskipun kemajuan dengan rencana pembangunan jangka menengah harus mendukung aktivitas.”

Harga minyak yang lebih tinggi kemungkinan akan mengarah pada surplus fiskal dan pertumbuhan cadangan devisa untuk ekonomi Teluk tahun ini, yang akan mengurangi kebutuhan pemerintah untuk meminjam dan mendesak keluar sektor swasta, kata seorang pejabat senior IMF awal pekan ini.

Baca juga: Indonesia perkuat kerja sama ekonomi dengan negara-negara Teluk

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *