Seoul (ANTARA) – Financial institution sentral Korea Selatan menaikkan suku bunga setengah poin persentase untuk kedua kalinya sejak Juli pada Rabu, karena lonjakan dolar AS yang didorong oleh pengetatan kebijakan moneter AS yang agresif memicu inflasi impor.

Financial institution of Korea (BOK) menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 foundation poin menjadi 3,00 persen pada Rabu, sehingga overall kenaikan suku bunga sejak Agustus tahun lalu menjadi 250 foundation poin.

Dua puluh tiga dari 26 analis memperkirakan financial institution akan melakukan kenaikan setengah poin dalam jajak pendapat Reuters, sementara tiga sisanya memperkirakan kenaikan seperempat poin.

Tiga kenaikan 75 foundation poin Federal Reserve AS telah mendorong reli dolar terhadap sebagian besar mata uang lainnya, memaksa pembuat kebijakan di seluruh dunia untuk meninjau risiko tekanan inflasi baru dan arus keluar modal.

Kemerosotan 17 persen gained tahun ini dapat memicu kenaikan harga konsumen karena membuat impor lebih mahal.

Gubernur BOK Rhee Chang-yong telah berulang kali mengatakan inflasi adalah prioritas nomor satu setelah melonjak mendekati stage tertinggi 24 tahun pada Juli sebelum melambat pada Agustus dan September.

Langkah BOK kontras dengan financial institution sentral Australia (RBA) pekan lalu, yang mengejutkan pasar dengan kenaikan 25 foundation poin yang lebih kecil dari perkiraan karena mencoba meredam inflasi tanpa menghancurkan ekonomi.

Perkiraan median dalam jajak pendapat menunjukkan suku bunga dasar BOK akan menjadi 3,25 persen pada akhir tahun dan kemudian mencapai puncaknya pada 3,50 persen pada kuartal pertama tahun 2023.

Hampir setengah dari responden dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan suku bunga dasar mencapai 3,75 persen pada kuartal pertama tahun depan, menunjukkan bias terhadap suku bunga pinjaman yang lebih tinggi dengan inflasi sebesar 5,6 persen pada September dari bulan yang sama tahun lalu jauh di atas goal BOK 2,0 persen.

Gubernur Rhee Chang-yong akan mengadakan konferensi pers pada pukul 02.10 GMT.

Baca juga: Won Korsel anjlok tembus level psikologis 1.400 karena bunga Fed naik

Baca juga: Korsel naikkan suku bunga acuan 25 basis poin untuk perangi inflasi

Baca juga: Singapura, Korsel pimpin pertempuran bank sentral Asia melawan inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *