Jakarta (ANTARA) –

Financial institution Indonesia (BI) mencatat terdapat aliran modal asing keluar bersih dari pasar keuangan Indonesia sebesar Rp650 miliar selama satu pekan ini

 

“Berdasarkan knowledge transaksi 17–20 Oktober 2022, nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto Rp650 miliar,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

 

Aliran modal asing keluar tersebut berasal dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp3,28 triliun. Namun, terdapat aliran modal asing masuk sebesar Rp2,63 triliun di pasar saham.

 

 

Dengan adanya arus modal asing keluar tersebut, nilai tukar rupiah tercatat dibuka melemah pada pagi hari ini di degree Rp15.585 in line with dolar AS dari penutupan kemarin sore di degree Rp15.570 in line with dolar AS.

 

Adapun indeks dolar AS turut melemah ke degree 112,88.

 

Sementara itu, Erwin menyebutkan imbal hasil atau yield SBN Indonesia tenor 10 tahun naik ke degree 7,5 persen dari 7,49 persen.

 

Imbal hasil tersebut masih cukup jauh dari yield obligasi Amerika Serikat (US Treasury) dengan tenor 10 tahun yang naik ke degree 4,228 persen.

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *