Rilis knowledge ekonomi yang tertunda bukan karena pemulihan ekonomi yang buruk tetapi kongres yang sedang berlangsung…

Beijing (ANTARA) – China menunda rilis indikator ekonomi penting yang dijadwalkan untuk dipublikasikan minggu ini, termasuk knowledge Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal III yang akan dirilis pada Selasa, menurut kalender yang diperbarui di situs internet biro statistik.

Penundaan yang sangat tidak biasa terjadi di tengah kongres Partai Komunis yang berkuasa selama seminggu, acara dua kali dalam satu dekade yang merupakan waktu yang sangat sensitif di China.

Information untuk PDB kuartal III – yang semula dijadwalkan untuk dirilis pada pukul 10.00 pagi (02.00 GMT) pada Selasa – telah sangat diantisipasi setelah ekonomi terbesar kedua di dunia itu hanya tumbuh 0,4 persen pada kuartal kedua dari setahun sebelumnya.

Seseorang yang menjawab telepon di kantor media di Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan perubahan itu “karena penyesuaian pengaturan kerja” tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Tidak ada tanggal untuk rilis yang dijadwalkan ulang telah diberikan.

Baca juga: Harga minyak turun, kekhawatiran resesi diimbangi sinyal positif china

PDB diperkirakan telah meningkat 3,4 persen pada Juli-September, menurut jajak pendapat Reuters, karena ekonomi mulai merasakan dampak dari serangkaian kebijakan pendukung pemerintah yang diperkenalkan dalam beberapa bulan terakhir.

“Rilis knowledge ekonomi yang tertunda bukan karena pemulihan ekonomi yang buruk tetapi kongres yang sedang berlangsung, karena pihak berwenang ingin media dan publik berkonsentrasi pada pesan utama yang disampaikan oleh peristiwa besar itu,” kata Kepala Ekonom Jones Lang Lasalle, Bruce Pang, di Hong Kong.

Dia mengatakan penundaan itu tidak mungkin mempengaruhi sentimen pasar karena sebagian besar knowledge ekonomi awal menunjukkan peningkatan pemulihan pada kuartal III. 

Rilis September untuk sejumlah angka lain termasuk produksi industri, penjualan ritel dan tingkat pengangguran perkotaan yang biasanya dikeluarkan bersama dengan knowledge PDB juga telah ditunda, menurut situs internet NBS.

Juga tertunda adalah knowledge harga rumah China untuk September, yang telah dijadwalkan untuk dipublikasikan pada Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Harga minyak naik di Asia, terkerek harapan pemulihan permintaan China

Penundaan tersebut menyusul penundaan yang tidak dapat dijelaskan dalam rilis knowledge perdagangan September oleh Administrasi Umum Kepabeanan, yang dijadwalkan keluar pada Jumat (21/10/2022).

Statistik perdagangan diperkirakan menunjukkan pertumbuhan ekspor China melemah lebih lanjut dari Agustus, terseret oleh permintaan world yang lemah, sementara impornya tetap hangat.

Information perdagangan tidak dirilis pada Senin (17/10/2022) dan panggilan ke administrasi bea cukai yang meminta komentar tidak dijawab.

Pada akhir kongres minggu ini Presiden Xi Jinping secara luas diperkirakan akan memenangkan masa kepemimpinan ketiga yang memecahkan preseden.

Pada kongres partai terakhir pada 2017 dan knowledge PDB kuartal III dirilis seperti biasa.

Baca juga: 2.296 anggota delegasi terpilih hadiri Kongres Partai Komunis China

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *