Frankfurt (ANTARA) – Financial institution Sentral Eropa (ECB) akan menaikkan suku bunga lagi pada Kamis, dan kemungkinan akan memangkas subsidi utama untuk financial institution komersial, mengambil langkah besar lain dalam pengetatan kebijakan untuk melawan lonjakan inflasi bersejarah.

Khawatir bahwa pertumbuhan harga yang cepat akan mengakar, ECB telah menaikkan suku bunga pada laju tercepat dalam catatan, dan ada sedikit penurunan yang terlihat karena pelepasan stimulus senilai satu dekade dapat membawanya jauh ke tahun depan dan seterusnya.

ECB hampir pasti akan menaikkan suku bunga simpanan sebesar 75 foundation poin – untuk peningkatan kumulatif dua poin persentase dalam tiga pertemuan – dan memberi sinyal bahwa itu belum selesai, bahkan ukuran langkah selanjutnya tetap terbuka untuk diperdebatkan.

Tetapi dalam keputusan yang berpotensi lebih penting, financial institution juga kemungkinan akan mengambil langkah pertama dalam mengurangi neraca 8,8 triliun euro, membengkak oleh pembelian utang selama bertahun-tahun dan pinjaman extremely murah yang diberikan kepada financial institution.

“ECB masih dalam mode mengejar,” kata BNP Paribas. “Kami pikir sekarang ada mayoritas yang nyaman untuk mengambil suku bunga ke wilayah restriktif.”

Tetapi keputusan suku bunga kemungkinan akan menjadi bagian yang mudah dari pertemuan Kamis.

Tidak seperti pada September, tidak akan ada pembuat kebijakan yang secara terbuka menentang gagasan kenaikan 75 foundation poin pada Kamis, dan pasar telah sepenuhnya memperkirakan langkah seperti itu, menunjukkan kebulatan suara yang mudah, terutama karena Federal Reserve AS juga mengisyaratkan kenaikan serupa.

Menandakan bahwa langkah di masa depan akan lebih sulit. Presiden ECB Christine Lagarde kemungkinan hanya akan memberikan panduan yang tidak jelas, dengan alasan bahwa lebih banyak kenaikan diperlukan tetapi knowledge yang masuk dan proyeksi ekonomi baru pada Desember akan menjadi kuncinya.

Sementara inflasi tinggi dan pertumbuhan harga yang mendasari meluas, gambaran keseluruhan mungkin lebih seimbang daripada di masa lalu karena harga energi turun, resesi yang membayangi akan meredam tekanan harga, dan tidak ada tanda-tanda spiral harga upah.

Keputusan suku bunga ECB akan keluar pada pukul 13.15 GMT waktu setempat, diikuti oleh konferensi pers Lagarde pada 13.45 GMT.

Baca juga: Euro dan pound sterling capai tertinggi baru, ditopang kebijakan BoE

Baca juga: Deutsche Bank perkirakan ECB naikkan bunga 75 basis poin lagi Oktober

Baca juga: Bank Sentral Eropa naikkan bunga 75 basis poin, demi perangi inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *