Jakarta (ANTARA) – Gubernur Financial institution Indonesia Perry Warjiyo mengatakan trade matching yang digelar dalam rangkaian Street to Indonesia Syariah Financial Pageant (ISEF ) 2022 telah menghasilkan omzet Rp9,43 triliun untuk para pesertanya.

“Rangkaian kegiatan Street to ISEF telah menghasilkan capaian yang Insya Allah penuh keberkahan. Kita lakukan trade matching dan showcasing world yang diikuti lebih dari 372 ribu peserta dengan omzet yang dihasilkan mencapai Rp9,43 triliun,” katanya dalam Opening Rite ISEF 2022 di Jakarta Conference Heart, Kamis.

Ia menyebut Street to ISEF 2022 sudah dimulai sejak April 2022 melalui tiga competition syariah di Sulawesi Salatan, Aceh, dan Jawa Timur dengan tema yang sesuai dengan Presidensi G20 Indonesia, “Recuperate In combination Recuperate More potent: Optimizing Syariah Economic system and Finance for Inclusive Restoration”.

ISEF 2022 juga memiliki tiga topik bahasan utama, yakni ekonomi syariah inklusif yang diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat, gaya hidup halal dan hijau, serta digitalisasi agar ekonomi-keuangan syariah di Indonesia bertaraf internasional tanpa meninggalkan masyarakat.

“Kita menghadirkan tiga hal spesial di ISEF ke-9 tahun 2022 ini, antara lain penyelenggaraan Indonesia Global Modest Type Pageant (IN2MOTIONFEST) dimana ada 163 desainer yang kita hadirkan untuk 17 kegiatan dengan 1.256 karya,” ucapnya.

Apabila dilakukan tiga tahun berturut-turut, Perry meyakini bahwa IN2MOTIONFEST akan menjadi competition internasional model sopan terbesar di dunia.

Pemerintah juga mengakselerasi sertifikasi halal di Indonesia melalui ISEF 2022 agar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mudah mendapatkan sertifikat halal.

Eksosistem world halal hub yang merupakan wadah pengembangan produk halal lokal berorientasi world juga terus diperkuat guna menjadikan Indonesia pusat rempah dan makanan halal dunia.

“Kami juga sudah mengadakan beberapa FGD (Focal point Team Dialogue) dan top degree assembly dan sepakat untuk memperkuatnya, termasuk melalui pembuatan street map halal hub dan penguatan peran agregator mendukung UMKM produk halal,” ucapnya.

Baca juga: BI bersama K/L berkomitmen perkuat ekosistem Global Halal Hub

Baca juga: MUI sebut transaksi digital perlu diawasi agar tak langgar hukum Islam

Baca juga: Menperin: Penghargaan industri halal perkuat ekosistem ekonomi syariah


 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *