Kami bersyukur program ini mendapat penerimaan yang sangat baik dan dapat terus kami implementasikan lebih gencar lagi ke depan

Jakarta (ANTARA) – PT Financial institution Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI melalui program Kawasan Wisata Anak Negeri (Kawan) BNI terus mendorong pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi berkelanjutan di space wisata Indonesia.

Melalui program tersebut, perseroan fokus pada tiga lokasi, yaitu Desa Cunca Wulang Labuan Bajo, Desa Kuta Lombok, dan Desa Marinsow Likupang.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, Company Secretary BNI Okki Rushartomo menyampaikan melalui Kawan BNI, perseroan berharap pengelolaan sektor pariwisata Destinasi Tremendous Prioritas Indonesia dapat lebih berkelanjutan dengan mengusung tata kelola, produk wisata, sekaligus pemberdayaan masyarakat daerah.

Terlebih, BNI adalah financial institution milik negara yang berkomitmen untuk menyatukan nilai bersama dengan para pemangku kepentingan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Sustainable Building Targets/SDGs).

“Kawan ini adalah program yang telah berjalan sekitar hampir satu tahun. Kami bersyukur program ini mendapat penerimaan yang sangat baik dan dapat terus kami implementasikan lebih gencar lagi ke depan,” kata Okki.

Okki mengatakan Kawan BNI melakukan berbagai pelatihan kepada masyarakat desa khususnya kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pihak lainnya yang terlibat langsung dalam industri pariwisata di tiga lokasi tersebut.

Pelatihan yang diberikan adalah pembentukan pola pikir atau mindset, pelatihan tata kelola, serta pelatihan kewirausahaan. Ke depan, dengan adanya perkembangan potensi atraksi serta kapabilitas masyarakat desa dalam mengelola ekosistem pariwisata, BNI akan mengadakan pelatihan yang lebih maju kepada masyarakat desa tersebut.

Dirinya menegaskan BNI berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat lokasi Kawan BNI agar dapat mengembangkan daerahnya masing-masing hingga dua atau tiga tahun ke depan. Perseroan akan berangkat dari pengembangan masyarakat (other folks) hingga atraksi desa (product), yang berujung pada daya tarik dan kinerja ekonomi masyarakat di lokasi Kawan BNI.

“Selain fokus dalam bentuk pengembangan dan pelatihan, kami juga telah memberikan bantuan berupa perbaikan infrastruktur jalan dan sarana prasarana seperti penunjang di space Kawan BNI,” jelasnya.

Baca juga: BNI sediakan jasa konsultasi ekspor dukung INACRAFT on October

Baca juga: BNI gandeng Semen Indonesia perkuat bisnis value chain

Baca juga: BNI Tokyo genjot pembiayaan untuk diaspora Indonesia di Jepang

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *