Moskow (ANTARA) – Pasar Rusia dibuka stabil pada Selasa, karena pembayaran pajak akhir bulan menawarkan dukungan untuk rubel yang diterpa oleh kegelisahan investor yang selalu ada atas kemungkinan sanksi baru Barat terhadap Moskow.

Rubel Rusia dibuka turun tipis 0,4 persen terhadap dolar AS, diperdagangkan di 61,91 pada pukul 07.30 GMT. Terhadap euro, rubel naik 0,4 persen menjadi 60,54, sementara itu tidak berubah terhadap yuan China – mata uang penting bagi Moskow karena tampaknya akan memperdalam hubungan ekonomi dengan Beijing – di 8,53.

Setelah melonjak ke stage tertinggi multi-tahun di bawah kontrol mata uang yang ketat tahun ini, rubel telah melemah sejak awal Oktober dalam perdagangan yang bergejolak dikaitkan dengan kemunduran militer Moskow di Ukraina dan kemungkinan sanksi baru.

“Periode pembayaran pajak dimulai hari ini, dan oleh karena itu permintaan untuk rubel meningkat … tetapi risiko tetap tinggi dan banyak pelaku pasar masih mengambil pendekatan menunggu dan melihat,” kata analis Sinara Funding Financial institution dalam sebuah catatan penelitian pada Selasa.

Baca juga: Rubel Rusia dekati 62 terhadap dolar saat periode pajak dimulai

Periode pajak akhir bulan mendorong eksportir Rusia untuk mengubah pendapatan mata uang asing mereka menjadi rubel untuk melakukan pembayaran ke Kementerian Keuangan Rusia, biasanya meningkatkan mata uang domestik.

“Jatuhnya rubel di bawah 60 terhadap (dolar) AS tidak dijamin, tetapi pengembalian ke bawah 61 sangat mungkin terjadi,” kata Analis Riset Otkritie Financial institution, Andrey Kochetkov.

Namun kenaikan apa pun kemungkinan akan dibatasi dengan berlanjutnya diskusi di Brussels mengenai paket sanksi lain terhadap Rusia, tambah para analis.

Setelah menambahkan sekitar 3,0 persen pada Senin (17/10/2022), pasar saham Rusia mengkonsolidasikan keuntungan pada Selasa pagi.

Indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,1 persen menjadi diperdagangkan pada 1.026,5 poin, sementara Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,4 persen menjadi diperdagangkan pada 2.020,6 poin.

Baca juga: Dolar naik dekati tertinggi 32 tahun terhadap yen, aussie-kiwi menguat

Baca juga: Rupiah Selasa pagi menguat 20 poin

Baca juga: Dolar merosot, kebijakan anggaran Inggris angkat sentimen pasar

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *