Jakarta (ANTARA) – Terdapat sejumlah informasi penting dan menarik bidang ekonomi dari LKBN Antara pada Senin (23/10) hingga Sabtu (29/10) yang masih menarik disimak pada pagi ini, mulai dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendukung KTT G20 hinggs indeks inklusi keuangan RI meningkat menjadi 85,10 persen. ​​​

Sekjen PBB dukung penuh penyelenggaraan KTT G20 di Bali

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di New York, Amerika Serikat (AS) (26/10), mendukung penuh penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November nanti.

“Kami mendukung penuh dan bersedia menyuarakan kepentingan Presidensi G20 Indonesia, untuk keberhasilan penyelenggaraan KTT di Bali,” kata Sekjen Guterres dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya

Punya potensi 3.600 GW, RI tak akan babat hutan untuk panel surya

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan meski Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan hingga sebesar 3.600 Giga Watt (GW) dimana 89 persennya berasal dari surya, namun pemerintah tidak akan mengganti hutan yang ada untuk ditanami papan panel surya.

“Indonesia diberkahi dengan berbagai macam sumber energi baru terbarukan, lebih dari 3.600 GW tersebar di seluruh negeri di mana 89 persennya berasal dari surya. Tapi kita harus hati-hati. Kita tidak perlu mengganti hutan kita dengan papan panel surya. Kita harus menjaganya dengan hati-hati,” katanya dalam webinar bertajuk Shine Vivid: Advancing G20 Sun Management di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya

Menperin: Investasi manufaktur melonjak 54 persen, capai Rp365 triliun

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat realisasi penanaman modal sektor industri manufaktur mencapai Rp365,2 triliun sepanjang Januari-September 2022 di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu.

“Capaian tersebut meningkat 54 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp236,8 triliun. Kepercayaan diri para investor di sektor industri ini harus tetap dijaga, yang didukung dengan berbagai kebijakan strategis,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi pendukung IKN capai 71,33 persen

Pembangunan infrastruktur pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah mencapai 71,33 persen, sehingga diyakini bakal dapat tuntas sesuai goal pada Januari 2023.

“Sampai dengan hari ini, capaian fisik pembangunan bendungan ini sudah 71,33 persen. Kami dapat tuntas sesuai yang kami targetkan,” ujar Pelaksana Teknis Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Sepaku Semoi Irene Lucas di Sepaku, Kaltim, Minggu.

Baca selengkapnya

OJK: Inklusi keuangan Indonesia meningkat, jadi 85,10 persen tahun ini

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks inklusi keuangan masyarakat Indonesia meningkat menjadi 85,10 persen pada 2022 dibanding 76,19 persen pada 2019.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, Sabtu, juga mengumumkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen pada 2022 atau naik dari 38,03 persen pada 2019.

Baca selengkapnya

​​​​​​​

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *